Cara Menggunakan Vlookup

Penggunaan rumus Vlookup pada dunia administrasi, keuangan atau anda yang bekerja dengan excel adalah suatu hal yang wajib anda ketahui karena Vlookup ini suatu rumus yang dapat membantu anda dalam mempermudah pekerjaan anda.

Vlookup adalah rumus pada excel yang digunakan untuk mencari suatu nilai/data dari suatu table dengan unik keyword/nilai sebagai referensi. Vlookup ini dapat digunakan dalam suatu worksheet yang sama ataupun berbeda worksheet dan format rumus/syntax  yang digunakan tetap sama.

Salah satu contoh kasus penggunaan Vlookup ini adalah sebagai berikut.

Anda memiliki data kepegawaian sebanyak 1000 orang pegawai, data kepegawaian tersebut berisi data Nomor Induk Karyawan (NIK), Nama, Tanggal Lahir, Tempat Lahir, Grade, Gaji, dll (contoh seperti dibawah ini).

Kemudian atasan anda, meminta data grade dan gaji dari hanya 50 karyawan saja dengan menggunakan template table dibawah ini.

Jika kita lakukan secara manual dengan mencari nama dari 1000 karyawan satu persatu kemudian data tersebut di copy atau diketik ke sheet baru bisa saja dilakukan akan tetapi hal ini akan memakan waktu yang cukup lama dan akurasi yang kurang baik.

Jika kita lakukan dengan menggunakan rumus vlookup hal ini bisa dilakukan dengan cepat dan akurat

Rumus / syntax untuk Vlookup adalah sebagai berikut:

VLOOKUP(lookup_value,table_array,col_index_num,range_lookup)

Lookup_Value adalah data/nilai referensi atau acuan dalam kedua table yang akan kita sambungkan, yang perlu diingat disini adalah nilai ini harus unik atau tidak boleh ada duplikasi pada kolom nilai acuan. Dalam kasus ini contoh yang bisa dijadikan nilai acuan adalah Nomor induk karyawan (NIK)

Table_array adalah range atau table tempat data master yang akan kita cari dalam hal ini dengan contoh diatas maka range tablenya adalah range B4:H13

Col_index_num adalah urutan kolom setelah kolom nilai referensi, dibawah akan diberikan tips untuk memudahkan kita melihat Col_index_num

Range_lookup adalah kesamaan data/nilai yang akan kita lihat. True adalah data/nilai yang memiliki kemiripan sedangkan False adalah nilai yang sama persis

Berikut ini adalah langkah-langkah cara penggunaan vlookup:

  1. Buka file excel baru dan masukan data seperti contoh dibawah ini

2. Untuk memudahkan dalam penggunaan Col_index_num tambahkan urutan angka seperti dibawah ini diatas dari setiap header/judul kolom.

3. Pada kolom selanjutnya masukan table baru (table 2) sebagai table yang akan kita gunakan rumus vlookup, seperti contoh dibawah table dengan kotak berwarna merah

4. Pada table 2 di kolom L4 – L6 masukan rumus excel seperti dibawah ini.

= VLOOKUP(K4;B4:H13;2;FALSE)

=VLOOKUP(K5;B5:H14;2;FALSE)

=VLOOKUP(K6;B6:H15;2;FALSE)

5. Dikarenakan pada kolom nilai referensi yaitu kolom NIK masih kosong maka pada kolom nama di L4 – L6 isi datanya adalah #N/A. Lanjutkan pengisian rumus vlookup pada kolom grade di range M4 – M6 seperti gambar dibawah.

=VLOOKUP(K4;B4:H13;5;FALSE)

=VLOOKUP(K5;B5:H14;5;FALSE)

=VLOOKUP(K6;B6:H15;5;FALSE)

6. Lanjutkan pada kolom Gaji di range N4 – N6 seperti gambar di bawah ini.

=VLOOKUP(K4;B4:H13;6;FALSE)

=VLOOKUP(K5;B5:H14;6;FALSE)

=VLOOKUP(K6;B6:H15;6;FALSE)

7. Setelah semua rumus dimasukan maka bentuk tablenya akan seperti gambar dibawah ini.

8. Pada langkah di atas jika jumlah kolom yang kita miliki cukup banyak maka cara yang dapat membantu agar lebih cepat mencari nilai Col_index_num adalah dengan melihat angka pada baris dua yang sudah kita buat pada langkah nomor 2. seperti contoh jika kita akan memasukan nilai nama maka pada Col_index_num kita masukan angka 2, jika kita memasukan nilai grade maka pada Col_index_num kita masukan angka 5 dan seterusnya.

9. Untuk mencoba melihat apakah rumus yang kita masukan sudah benar, coba masukan NIK pada kolom K4 – K6 data pegawai yang akan kita lihat. sebagai contoh masukan NIK berikut 1080, 3476 dan 2633

10. Setelah anda masukan data NIK tersebut maka pada table 2 data nama, grade dan gaji akan terisi secara otomatis. anda tidak perlu memasukan nama, grade dan gaji secara manual karena vlookup secara otomatis akan mengisi Nama, grade dan gaji setelah NIK anda isi. hasil dari rumus vlookup tersebut adalah seperti gambar dibawah ini.

11. selamat anda sudah bisa menggunakan rumus vlookup pada excel, silakan mencoba.

Leave a comment